Friday, February 22, 2013

Bunga adenium

Bunga Adenium
Berkenalan Dengan Bunga Adenium

Berwarna cerah dan cantik; itulah kesan sekilas yang akan kita dapatkan ketika melihat bunga Adenium yand ditanam di pot. Bunga yang mirip dengan kamboja ini menjadi primadona di dunia pertanian bunga hias belakangan ini, karena harganya yang lumayan tinggi.

Adenium, Si Kamboja Jepang

Selain Adenium, bunga ini juga dikenal dengan nama Kamboja Jepang di Indonesia; menilik dari bentuknya yang sangat menyerupai bunga yang kerap ditanam di kuburan ini.

Sebenarnya, pemberian nama ini cenderung menyesatkan. Kenapa?

Ya, ketika nama daerah diikutsertakan di belakang nama sebuah benda, sebagian besar orang akan mengira daerah tersebut sebagai asal dari si benda; padahal tidak selalu demikian. Pada kenyataannya, bunga Adenium bukanlah berasal dari Jepang, melainkan Afrika dan Asia Barat.

Sedangkan nama Adenium sendiri ditengarai berasal dari salah satu daerah yang menjadi habitat asli bunga yang berwarna gradasi merah jambu ini, yaitu ibukota Yaman, Aden. 

Terkait dengan pemberian nama Jepang, kemungkinan yang paling masuk akal adalah dari asosiasi yang sudah umum terbentuk di kalangan masyarakat, terutama Indonesia. Jepang kerap dihubungkan dengan sesuatu yang berukuran kecil; sebagaimana orang menyebut rumput Jepang. Tanaman Adenium, meskipun mirip dengan Kamboja, tetapi pohonnya jauh lebih kecil. Ini dia alasan di balik nama Kamboja Jepang-nya Adenium.

Adenium, Bukan Sekedar Tanaman Hias

Adenium memang lebih dikenal sebagai tanaman hias, sebagaimana layaknya tanaman bunga jenis lainnya. Akan tetapi, di balik keindahan mahkota bunganya, bunga yang disebut sebagai Desert Rose di daerah asalnya ini menyimpan manfaat untuk kesehatan.

Bunga Adenium memiliki beberapa spesies yang berbeda; seperti misalnya Adenium Somalense yang berasal dari Kenya dan Somalia, atau Adenium Arabicum, yang merupakan varietas dominan di Indonesia. Spesies yang bisa digunakan sebagai obat adalah Adenium Multiflorum. Selain sebagai tanaman hias dan obat, akar dari Adenium jenis ini pun bisa dimanfaatkan untuk bahan makan bagi binatang liar.

Menilik dari manfaatnya yang cukup beragam, tak heran jika banyak orang ingin mengembangbiakkan tanaman ini.


No comments:

Post a Comment