Friday, February 22, 2013

Bunga Aglonema



Aglonema
 Mengembangbiakkan Aglonema
Meskipun berasal dari hutan tropis dan rawa di wilayah Cina Utara dan Selatan, Filipina, Bangladesh, dan Asia Tenggara, namun bunga Aglonema kini telah dikenal secara luas dan menjadi salah satu tanaman hias terkemuka di Indonesia. Tampilannya yang atraktif dengan warna terangnya membuat orang tak enggan menaruhnya di halaman depan rumah sebagai tanaman hias.




Aglonema yang Kaya Warna
Tanaman yang sering disebut ‘Sri Rejeki’  oleh sebagian masyarakat Indonesia ini memiliki spesies yang cukup beragam. Perbedaannya terlihat mulai dari warna hingga bentuk daunnya. Aglonema didominasi oleh warna kemerahan yang berbaur dengan warna hijau daun.
Beberapa jenis bunga Aglonema yang terkenal antara lain adalah Aglaonema Commutatum; dengan daun warna hijau yang berbentuk mata tombak.

Jenis yang satu ini masih mempunyai varietas sejenis yang juga terkenal, yaitu:
•                 Aglaonema Commutatum Maculatum, yang memilikidaun berwarna hijau gelpa ditambah sirip keperakan.
•                 Aglaonema Commutatum treubi dengan daunnya yang berwarna hijau namun agak kebiru-biruan
•                 Aglaonema pseudo bracteatum yang daunnya berwarna hijau didekorasi oleh sirip berwana kekuningan

Selain itu, masih ada Aglaonema costatum yang daunnya berbentuk seperti hati dengan warna hijau cerah ditambah bintik putih; Aglaonema crispum yang berdaun kelabu dengan warna hijau lembut di bagian pinggirnya; serta Aglonema rotundum dengan warna daun merah gelap dilengkapi garis merah marun yang berasal dari hutan Sumatera.

Tips Menanam Aglonema
Keberhasilan membudidayakan bunga Aglonema bergantung pada beberapa hal, yang di antaranya adalah media penanaman, cara perawatan, dan kondisi area tempat bunga ini ditanam. Berikut beberapa tips menanam Aglonema:
•                 Siapkan media tanam yang dengan kandungan unsur hara yang cukup demi mendukung tumbuh dan berkembangnya Aglonema. Tumbuhan ini akan tumbuh baik di media yang memungkinkan berkembangnya akar, bukan media yang keras.
•                 Gunakan pupuk untuk membantu pertumbuhan tanaman Aglonema
•                 Letakkan pot berisi tanaman Aglonema di tempat yang relatif teduh; hindarkan dari panas yang berlebihan
•                 Siramlah tanaman Aglonema secara teratur, namun tidak berlebih
•                 Bersihkan tanaman dari serangga dan debu

No comments:

Post a Comment