Thursday, February 14, 2013

Bunga Anggrek: Jenis - Jenis dan Cara Perawatannya

Bunga Anggrek
Bunga anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak digemari di dunia. Selain itu, bunga ini juga merupakan puspa bangsa karena keindahannya. Anggrek terdiri dari berbagai macam spesies yang memiliki warna – warna berbeda sehingga bunga ini memiliki banyak sekali variasi warna. Bahkan, ada juga beberapa jenis anggrek yang memiliki corak – corak unik sehingga membuat penampilan bunga ini menjadi semakin indah.

Klasifikasi Bunga Anggrek

Karena anggrek terdiri dari berbagai macam spesies, bunga anggrek diklasifikasikan berdasarkan tempat tumbuhnya. Berdasarkan tempat tumbuhnya, anggrek dibagi menjadi jenis epifit, terestial, saprofit, dan litofit. Epifit merupakan jenis anggrek yang hidupnya menempel atau menumpang pada tanaman lain. Walaupun anggrek jenis ini hidup menumpang, anggrek tidak akan merepotkan tumbuhan inang karena bunga ini hanya memerlukan tanaman lain sebagai tempat berlindung. Untuk jenis terestial, jenis ini tumbuh di tanah. Untuk jenis saprofit, anggrek ini tumbuh di media tanam yang memiliki humus atau kompos. Jenis anggrek ini hanya memerlukan sedikit cahaya matahari sedangkan jenis anggrek litofit, anggrek ini hanya tumbuh di bebatuan dan memerlukan sinar matahari yang cukup banyak.

Tips Merawat Bunga Anggrek

Jika anda menyukai tanaman anggrek dan ingin menanamnya sebagai tanaman hias di rumah anda, anda tentu memerlukan tips agar tanaman anggrek tersebut dapat tumbuh subur dan berbunga. Bisa dibilang bahwa merawat anggrek adalah hal yang gampang – gampang susah. Saat anda hendak memilih tanaman anggrek untuk ditanam dirumah, perhatikan bagaimana suhu dan iklim di daerah anda. Pilihlah jenis anggrek yang tempat hidupnya sesuai dengan suhu di rumah anda karena setiap jenis tanaman anggrek memiliki ketahanan suhu yang berbeda – beda. Jika suhunya tidak cocok, kemungkinan tanaman tersebut bisa mati. Biasanya, jenis – jenis tanaman anggrek dapat tumbuh subur di daerah dengan suhu sekitar 15 derajat sampai 30 derajat Celcius. Jika anda masih pemula dalam menanam anggrek, pilihlah tanaman bunga anggrek dewasa atau yang sudah siap berbunga karena perawatannya akan lebih mudah dan mengurangi resiko gagal.

No comments:

Post a Comment