Friday, February 22, 2013

Bunga Carnation

Bunga Carnation
 Cantiknya Bunga Carnation
Ketika nama bunga Carnation disebut, tidak semua orang akan mengetahuinya. Ya, bunga yang cantik ini lebih dikenal di Indonesia sebagai bunga anyelir. Carnation sendiri adalah sebutan dalam bahasa Inggris, sehingga lebih banyak dipakai oleh masyarakat dunia. Selain itu, bunga yang satu ini juga familiar disebut dengan bunga Teluki, terutama di negara Malaysia.
 Si Cantik Anyelir yang Mendunia
Kesan pertama ketika melihat bunga ini tentu adalah keceriaan. Dilihat sepintas saja, orang akan menangkap adanya keceriaan dari warna-warni yang diketengahkan mahkota bunga yang konon didatangkan ke Indonesia saat Belanda masih berstatus sebahgai penjajah ini.
Keindahan bunga Carnation terpancar dari sejumlah warna yang dimiliki oleh jenis-jenisnya. Jika kita sering melihat anyelir dengan warna merah muda dengan rona agak gelap serta warna putih di pinggirannya, maka sebenarnya masih ada sejumlah warna lain, seperti ungu, kuning, oranye, merah, dona, dan salem.
Karena kecantikannya, bunga teluki ini kerap digunakan sebagai tanaman hias. Di samping itu, beberapa orang pun memanfaatkannya untuk menghias tempat pesta pernikahan, atau bahkan hanya sekedar mempercantik diri dengan menyelipkannya di atas telinga.

Di Spanyol, Carnation merupakan bunga nasional. Pada hari-hari istimewa seperti hari guru, pernikahan, hari orangtua (parents’  day), dan hari ibu; bunga yang disebut memiliki 500 varian ini selalu muncul.
Makna Bunga Carnation
Sejumlah orang berkeyakinan bahwa bunga yang daerah asalnya ada di kawasan Mediterania ini memiliki makna yang berbeda-beda bergantung pada warnanya. Secara umum, bunga ini dianggap melambangkan rona keceriaan, terlihat jelas dari warna yang dipunyai; pun bunga yang mewakili kendahan, kebanggaan, kasih sayang, rasa terima kasih, dan kekaguman.

Secara lebih khususnya, bunga anyelir berwarna merah gelap menjadi pertanda dalamnya rasa kasih sayang; merah berarti kekaguman; serta warna putih yang menjadi perlambang keberuntungan dan murninya cinta atau persahabatan. Sedangkan anyelir yang bergaris menunjukkan adanya penyesalan atau kekecewaan atas cinta bertepuk sebelah tangan; dan teluki ungu diartikan sebagai bentuk ketidaktetapan.
Sementara itu, sebagian orang menyebut bunga Carnation sebagai bunganya mereka yang lahir pada bulan Januari. 

No comments:

Post a Comment