Friday, February 22, 2013

Bunga Kamboja Jepang

Kamboja Versus Kamboja Jepang
Jika anda pecinta tanaman, terutama tanaman hias seperti bunga-bungaan, tentu anda akrab dengan bunga Kamboja Jepang; tanaman yang beberapa waktu terakhir ini sering menjadi buah bibir di kalangan pemerhati bunga maupun pengoleksi tanaman hias. Ini disebabkan oleh keindahan yang disodorkan bunga dari famili Apocynaceae ini.

Kemudian, familiarkah anda dengan istilah Adenium? Ya, Adenium tak lain adalah nama latin bunga kamboja Jepang; sebuah nama yang kelasnya lebih mendunia. Nama kamboja ditambah embel-embel Jepang memang populer di Indonesia, tetapi sebenarnya, nama tersebut mengandung unsure salah kaprah yang bisa membelokkan asumsi mereka yang belum mengenal Adenium dengan baik.
Ada Apa dengan ‘Kamboja Jepang’?

Pada dasarnya, penyebutan ‘kamboja Jepang’  tidaklah seratus persen salah, karena di balik penyebutan tersebut tentu ada alasan-alasan yang mendasarinya. Akan tetapi, nama ini memang agak ‘menyesatkan’. Ketika mendengar bunga Kamboja Jepang, mereka yang baru mengetahuinya akan berpikir bahwa bunga tersebut adalah bunga Kamboja. Selain itu, kata Jepang yang ada di belakangnya bisa jadi mengindikasikan tempat asal bunga; padahal tidak demikian kebenarannya.

Meskipun berasal dari famili yang sama, kamboja Jepang atau Adenium bukanlah bunga kamboja. Keduanya memiliki beragam perbedaan; yang salah satunya adalah ukuran tanamannya. Adenium tumbuh dalam skala mini, sedangkan kamboja bisa tumbuh hingga tinggi.
Di samping itu, Adenium pun tidak berasal dari Jepang, melainkan dari Afrika dan Asia Barat. Istilah Adenium sendiri bahkan disebut mewakili daerah yang merupakan salah satu tempat asal bunga yang berumbi ini; yaitu Aden; yang merupakan ibu kota negara Yaman.

Kemungkinan, orang-orang menamai dengan istilah Jepang karena mengacu pada stereotype penduduk Jepang yang berbadan kecil. Ini yang digunakan orang untuk menunjukkan kondisi si bunga sendiri, yang memang tidak bisa tumbuh hingga tinggi seperti pohon kamboja.
Mengenal Ciri Kamboja Jepang

Selain dari tingginya yang maksimal hanya bisa mencapai dua meter, ada beberapa cirri khusus yang bisa dikenali dari bunga Kamboja Jepang; antara lain adalah batangnya. Tumbuhan ini memiliki batang yang tidak berduri, lunak, dan halus. Dari segi akar, bunga ini berakar umbi; yang berguna sebagai tempat untuk cadangan makanan dan air. Selain kedua hal itu, kamboja Jepang pun bisa dikenali dari bunganya yang mempunyai aneka ragam corak dan warna, daun yang berbentuk lanset juga runcing, dan buah yang biasanya muncul berhadapan.

No comments:

Post a Comment