Friday, February 22, 2013

Hama Bunga Anthurium

Hama Bunga Anthurium
Pengantar Anthurium
Bunga antorium semakin banyak diminati para pencinta bunga, sehingga para penjual bungapun berlomba-lomba untuk membeli dan menyetok bunga yang satu ini di toko mereka. Memang biasanya bunga antorium tidak berdiri sendiri seperti layaknya bunga mawar, namun bunga antorium digunakan sebagai campuran dalam berbagai rangkaian bunga. Bunga ini memang memiliki banyak kombinasi warna dan bentuknya yang unik membuat bunga ini tampil beda dengan bunga kebanyakan. Selain itu, antorium banyak diincar orang karena ia dapat tumbuh di dalam ruangan sehingga amat cocok untuk menghiasi berbagai ruang perkantoran, mall ataupun hotel. Tanaman ini memang tidak membutuhkan banyak sinar matahari, bahkan ia harus dilindungi dari terik matahari agar dapat tumbuh dengan baik. 

Hama Antorium 
Sayangnya terkadang bunga antorium juga dapat terserang hama walaupun sebenarnya tanaman ini merupakan tanaman yang termasuk tahan terhadap serangan hama. Berikut ini adalah beberapa macam hama yang mungkin dapat mengancam tanaman kesayangan anda:

1.  Aphid
Hama yang satu ini berwarna kuning dan biasa hidup bergerombol di pucuk dan tanaman dan pangkal bunga. Hama ini amat cepat menyebar. Aphid memiliki kemampuan untuk menghisap cairan daun sehingga daun menjadi tidak sehat dan menjadi kering. Untuk menanggulangi hama ini, anda dapa menggunakan berbagai macam inekstisida yang disemportkan langsung ke bagian tanaman yang digerogoti oleh aphid. Niscaya dalam waktu tiga minggu saja hama ini sudah punah. Untuk mencegah kembalinya hama ini, anda sebaiknya menyemprotkan insektisida yang sama paling tidak satu kali setiap bulannya.

2.  Fungus Gnat
Hama ini walaupun bernama fungus namun tidak memiliki tampilan layaknya jamur. Hama ini lebih menyerupai nyamuk dan warnanyapun hitam. Ia tumbuh di tanah yang lembab. Gejala serangan hama ini adalah bunga yang memiliki bintik-bintik hitam. Bunga ini kemudian akan membusuk dan gugur sebelum berkembang.

3.  Mealy Bug
Hama ini mungkin yang paling banyak ditemui. Hama ini berupa kutu dan berwarna putih. Ia sering tidak terlihat karena sering bersembunyi di lipatan daun muda ataupun di pucuknya. Karena diserang oleh kutu ini, biasanya daun tidak tumbuh seperti sewajarnya.

No comments:

Post a Comment